Cara Mencegah Ransomware

Dibuat pada 19 May 2023

Cara Mencegah Ransomware

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk mencegah serangan ransomware: Instal Perangkat Lunak Keamanan Yang Andal


Ransomware adalah jenis serangan cyber yang berbahaya yang dapat mengenkripsi data pada komputer atau perangkat lain dan meminta tebusan dalam bentuk uang kripto untuk mengembalikan data yang telah ter enkripsi.

 

Tips Dan Trik Mencegah Serangan Ransomware

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk mencegah serangan ransomware:

 

Instal Perangkat Lunak Keamanan Yang Andal

Instal anti-virus dan firewall pada perangkat yang Kamu gunakan. Pastikan perangkat lunak keamanan ini selalu diperbarui dengan versi terbaru dan melakukan scan anti-virus secara teratur.

 

Jangan Membuka Email Spam Atau Phishing

Jangan membuka email yang mencurigakan atau tidak dikenal, terutama jika di email tersebut mengandung tautan atau lampiran. Email phising sering kali dikemas dengan tampilan yang menarik atau menakutkan untuk meyakinkan calon korbanya untuk mengklik tautan atau lampiran yang dikirim.

 

Backup Data Secara Teratur

Backup data secara berkala untuk memastikan Kamu memiliki salinan data yang aman dan dapat diakses jika terjadi serangan ransomware. Pastikan juga untuk menyimpan hasil backup nya di tempat yang aman dan terpisah dari perangkat utama yang Kamu gunakan.

 

Hindari Mengunjungi Situs Web Yang Tidak Dikenal

Hindari mengunjungi situs web yang tidak dikenal atau yang terlihat mencurigakan. Sering kali, ransomware disebarkan melalui situs web yang “tidak jelas” atau dengan menyisipkan kode berbahaya ke dalam iklan atau tautan.

 

Perbarui Sistem Operasi Dan Aplikasi

Perbarui sistem operasi dan aplikasi yang Kamu install secara teratur untuk menghindari kerentanan keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh hacker untuk menyisipkan ransomware ke dalam sistem perangkat Kamu.

 

Batasi Hak Akses Pengguna

Batasi hak akses pengguna untuk meminimalisir dan mencegah penyebaran ransomware dari pengguna yang tidak Kamu kenal. Pastikan juga setiap pengguna memiliki hak akses yang sesuai dengan kebutuhannya.

 

Edukasi Pengguna

Jika perangkat yang Kamu miliki digunakan oleh orang lain, ada baiknya Kamu memberikan edukasi terkait ransomware dan cara mencegahnya ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan mengikuti tips dan trik ini, Anda dapat mengurangi risiko terkena serangan ransomware dan menjaga data Kamu  tetap aman.

Tags :

#QNAP #Ransomware #Virus #Backup #Data

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0