Cara Mengatasi Serangan Ransomware

Dibuat pada 22 May 2023

Cara Mengatasi Serangan Ransomware

Meskipun Kita bisa mencegah perangkat Kita terkena ransomware, tapi masih tetap ada kemungkinan perangkat Kita bisa ikut terinfeksi ransomware juga


Meskipun Kita bisa mencegah perangkat Kita terkena ransomware, tapi masih tetap ada kemungkinan perangkat Kita bisa ikut terinfeksi ransomware juga. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk jika perangkat Kamu terkena serangan ransomware:

 

Jangan Membayar Tebusan

Sebaiknya jangan membayar tebusan yang diminta oleh pelaku. Karena tidak ada jaminan bahwa data Kamu akan dikembalikan setelah membayar tebusannya.

 

 

Hubungi Spesialis Keamanan IT

Jika Kamu terkena serangan ransomware, segera hubungi orang yang berpengalaman di bidang IT yang terpercaya untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Mereka dapat membantu dalam mengevaluasi situasi dan memberikan solusi terbaik.

 

Restore Data

Jika sebelumnya Kamu sudah melakukan backup data. Kamu dapat melakukan restore data untuk memulihkan data-data yang terenkrisi oleh ransomware. Pastikan untuk selalu backup data secara berkala untuk berjaga-jaga jika terjadi hal seperti ini.

 

Coba Aplikasi Decrypt Ransomware

Saat ini sudah ada beberapa aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk mengembalikan data-data yang terenkripsi oleh ransomware. Namun, tidak ada jaminan semua data yang terkena serangan dapat dikembalikan seperti semula.

 

Minimalisir Kejadian Serupa

Untuk meminimalisir terkena ransomware lagi, pastikan untuk selalu melakukan update sistem keamanan dan aplikasi yang digunakan, serta jangan mengklik tautan yang mencurigakan ataupun mengunduh lampiran dari sumber yang tidak dikenal.

 

Tags :

#QNAP #Ransomware #Backup #Data

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0