NAS Storage Untuk Menyimpan Rekaman CCTV

Dibuat pada 12 Jan 2021

NAS Storage Untuk Menyimpan Rekaman CCTV

NAS atau Network Attached Storage merupakan sebuah media penyimpanan yang berfungsi untuk menyimpan, membackup data secara otomatis, serta berbagi file ...


NAS (Network Attached Storage) - Tidak dapat dipungkiri lagi, jika CCTV saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang untuk masalah keamanan lingkungan dan lain sebagainya. Pasalnya hasil remakan dari CCTV ini dapat membantu kita untuk memberikan beberapa bukti otentik mengenai sebuah kejadian yang sudah terekam oleh CCTV. Akan tetapi yang menjadi masalahnya pada saat ini adalah perkembangan CCTV yang semakin cepat, membuat resolusi kamera pada CCTV pun ikut meningkat. Dengan meningkatnya resolusi kamera CCTV ini, membuat pemilik CCTV perlu menyediakan tempat penyimpanan khusus yang dapat menampung hasil rekamaan CCTV.

Beberapa pengguna CCTV sudah memahami akan hal ini, bahkan brand-brand pembuat CCTV juga sudah berusaha untuk membuat alat perekam yang dapat ruang penyimpanan CCTV seperti mengurangi Fps video rekaman dan lain sebagainya. Akan tetapi, hal tersebut nyatanya tidak dapat membantu para pengguna CCTV sepenuhnya, para pengguna CCTV hanya dapat menyimpan hasil rekaman mereka selama kurang dari satu bulan saja.

Lalu bagimana caranya agar kita dapat menyimpan rekaman CCTV yang lebih dari satu bulan?

Pada artikel kali ini, saya akan membagikan cara-cara yang dapat kalian gunakan untuk memiliki dan menyimpan hasil rekaman CCTV milik kalian.

 

Cara Menyimpan Hasil Rekaman CCTV Dengan Durasi Yang Lama

Menggunakan NAS (Network Attached Storage)

  • Menggunakan NAS (Network Attached Storage)

NAS atau Network Attached Storage merupakan sebuah media penyimpanan yang berfungsi untuk menyimpan, membackup data secara otomatis, serta berbagi file melalui suatu jaringan. NAS biasanya dilengkapi dengan beberapa slot hardisk yang bisa support dengan hard disk berkapasitas hingga 10 TB per slotnya. Perangkat ini sangat mudah digunakan dan diakses oleh kalian. Kalian hanya perlu menghubungkan NAS ini kedalam jaringan yang kalian miliki, lalu kalian dapat mengarahkan backup rekaman CCTV milik kalian ke dalam NAS Storage ini, sehingga hasil rekaman CCTV kalian dapat bertahan lebih dari satu bulan.

Sistem NAS ini memungkinkan kalian untuk memiliki penyimpanan cloud pribadi milik kalian sendiri secara lokal sehingga data yang kalian butuhkan dapat diakses dengan mudah, cepat, dan biaya yang perlu dikeluarkan relatif rendah dibandingkan dengan penyimpanan cloud lain.

 

Memanfaatkan Penyimpanan Cloud

  • Memanfaatkan Penyimpanan Cloud

Selain menggunakan NAS storage, kalian juga dapat memanfaatkan media penyimpanan cloud sebagai media untuk mem-backup rekaman CCTV kalian. Salah satu penyimpanan platform cloud storage yang banyak digunakan oleh orang-orang pada saat ini adalah Google Drive dan Dropbox.

Untuk dapat memperoleh kapasitas storage cloud yang lebih besar, kalian perlu mengeluarkan dana untuk menyewa storage cloud tersebut. Harga yang ditawarkanpun bervariasi dan terjangkau. Dengan menyewa storage cloud milik penyedia cloud, kalian dapat memiliki ruang penyimpanan cloud yang lebih besar guna menyimpan hasil rekaman CCTV milik kalian.

 

Menggunakan CCTV Dengan Format Video H.265 atau Ultra 265

  • Menggunakan CCTV Dengan Format Video H.265 atau Ultra 265

Resolusi kamera CCTV saat ini sudah dikembangkan dengan sedemikian rupa agar dapat menghemat tempat penyimpanan hasil rekaman CCTV. Salah satu teknologi yang dikembangkan adalah teknologi kompresi video dengan format H.265 dan Ultra 265, format video tersebut dapat lebih menghemat tempat penyimpanan rekaman video CCTV dibandingkan dengan kompresi video dengan format H.264 yang sudah banyak digunakan pada CCTV yang ada pada saat ini.

 

Tags :

#storage #NAS #Network #Attached #cctv

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0