Pengertian Hard Disk dan Fungsinya

Dibuat pada 05 Jan 2021

Pengertian Hard Disk dan Fungsinya

Hard disk merupakan sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam file atau aplikasi milik pengguna PC/Laptop secara permanen dan aman


Hard Disk - Komputer dan laptop pada saat ini menjadi sangat penting dikarenakan dapat menunjang dan membantu kegiatan kita sehari-hari, baik untuk bekerja maupun untuk belajar dan sebagai sarana hiburan.

PC atau Laptop pada umumnya terdiri dari berbagai macam jenis komponen atau bagian yang dirakit menjadi satu. Salah satu komponen yang terpenting dalam PC dan laptop adalah hardisk. Hard disk ini biasa digunakan oleh orang-orang untuk menyimpan berbagai macam file dan aplikasi yang mereka miliki didalam PC atau Laptop milik mereka.

Beberapa dari kalian mungkin mengenal hardisk ini dengan berbagai macam sebutan, mulai dari hard disk, hard drive, hdd, ataupun storage. Tapi, tahukah kalian mengenai pengertian dan juga fungsi dari hardisk ini secara lengkap? Jika belum, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Pengertian Hard Disk dan Fungsinya secara lengkap.

 

Pengertian Hard Disk

Hard disk merupakan sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam file atau aplikasi milik pengguna PC/Laptop secara permanen dan aman. Hardisk sendiri dapat menyimpan berbagai macam jenis atau format file, mulai dari aplikasi, gambar, video, dokumen, dan lain sebagainya.

 

Fungsi Hard Disk

Fungsi Hardisk

Peran atau fungsi dari hard disk ini sangat banyak sekali untuk para penggunanya.

  1. Tempat Menyimpan Berbagai Macam File Pengguna

Fungsi vital dari sebuah harddisk adalah sebagai tempat menyimpan berbagai macam file milik penggunanya. Hard disk ini mampu menyimpan dan membaca berbagai macam jenis file. Jenis atau format file yang dapat disimpan dan dibaca oleh hard disk antara lain seperti doc, jpg, png, mp4, mkv, mp3, dan lain sebagainya.

 

  1. Sebagai Media Untuk Back Up Data Penting

Masih banyak orang yang mengandalkan hard disk sebagai media untuk mem-backup data penting milik mereka. Kebanyakan dari mereka melakukan back-up data untuk melindungi dan mengamankan data penting milik mereka. Back-up data ini, sangat penting untuk dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diingkan  terjadi pada data milik kita, terutama jika kalian bekerja dengan menggunakan laptop atau komputer, maka melakukan backup data secara rutin ini sangat penting.

 

  1. Sebagai Media Penyimpanan Software dan Aplikasi

Software atau aplikasi yang kita gunakan pada PC/Laptop milik kita pastinya membutuhkan tempat penyimpanan agar kita dapat menggunakannya. Hardisk mampu menyimpan banyak aplikasi atau software yang kita miliki di PC/Laptop. Akan tetapi, banyaknya aplikasi atau data yang dapat ditampung/disimpan oleh hard disk ini tergantung dari kapasitas penyimanan hardisk yang kalian punya.

 

  1. Dapat Digunakan Untuk Storage Server

Tidak banyak orang yang mengetahui jika hardisk ini dapat digunakan sebagai storage server untuk perangkat NAS, DAS, ataupun SAN. Data-data yang kita simpan didalam storage server ini, nantinya dapat diakses oleh banyak orang ataupun orang-orang tertentu saja. Sistem storage server ini biasanya digunakan pada perusahaan ataupun untuk pribadi, guna memenuhi kebutuhan berbagi dan menyimpan file dengan mudah, tanpa memberatkan kinerja server utama.

 

  1. Tempat Menyimpan OS PC/Laptop

Sistem operasi atau OS ini sangat penting untuk kalian install ketika baru membeli sebuah PC atau Laptop. Pasalnya OS ini berguna untuk mengatur kinerja hardware maupun software yang kalian miliki agar dapat berfungsi dengan semestinya. OS biasanya membutuhkan space atau ruang penyimpanan yang tidak sedikit, oleh karena itu OS harus diinstal kedalam sebuah storage. Nah hard disk ini merupakan salah satu storage yang paling sering digunakan untuk menyimpan OS pada PC/Laptop, meskipun pada saat ini banyak orang yang sudah beralih ke SSD untuk menginstall OS mereka.

 

 

Tags :

#hard #disk #hardisk #eksternal #storage

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0