Pengertian Ransomware

Dibuat pada 12 May 2023

Pengertian Ransomware

Ransomware adalah jenis malware yang dirancang untuk mengenkripsi data pada komputer maupun perangkat lainnya.


Apa Itu Ransomware?

Ransomware adalah jenis malware yang dirancang untuk mengenkripsi data pada komputer maupun perangkat lainnya, kemudian meminta tebusan dalam bentuk mata uang kripto seperti Bitcoin agar data yang terenkripsi tersebut bisa dikembalikan seperti semula.

 

Cara Kerja Ransomware

Cara kerja ransomware adalah dengan masuk ke dalam sistem pengguna melalui berbagai cara seperti email phishing, website yang terinfeksi malware, maupun memanfaatkan celah pada keamanan di sistem operasi yang digunakan. Setelah masuk ke dalam sistem, ransomware akan mengenkripsi data penting pada perangkat, sehingga pengguna tidak dapat mengaksesnya. Setelah data terenkripsi, pengguna akan menerima pesan dari para penyerang yang meminta tebusan untuk mendapatkan kunci enkripsi agar data nya dapat dikembalikan.

 

Mengapa Ransomware Menjadi Ancaman Keamanan yang Serius?

Ransomware menjadi ancaman keamanan yang serius bagi pengguna komputer karena sulit sekali atau bahkan tidak mungkin untuk memulihkan data tanpa membayar tebusan. Selain itu, para penyerang biasanya menggunakan metode intimidasi dan ancaman untuk memaksa pengguna membayar tebusan. Hal ini menyebabkan banyak orang maupun perusahaan menjadi korban ransomware dan kehilangan akses ke data-data penting milik mereka.

Kasus ransomware yang baru-baru ini terjadi adalah kasus serangan ransomware pada Bank Syariah Indonesia (BSI). Akibat kejadian tersebut beberapa layanan Bank Syariah Indonesia (BSI) menjadi terganggu.

 

Pencegahan Ransomware

Meskipun saat ini sudah ada beberapa decryptor yang tersedia secara gratis untuk memulihkan data yang dienkripsi oleh ransomware. Namun, tidak semua jenis ransomware berhasil atau bisa dipulihkan.

Oleh karena itu, pencegahan adalah kunci utama untuk melindungi diri dari ransomware dengan cara:

  • Memperbarui sistem keamanan.
  • Waspada terhadap email atau situs web yang mencurigakan.
  • Rutin melakukan backup data secara teratur baik menggunakan layanan cloud storage maupun menggunakan private cloud storage seperti QNAP NAS.

Tags :

#QNAP #Ransomware #Virus #Backup #Data

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0