Review QNAP NAS TS-130 “Budget-Friendly” Untuk Cloud Storage Pribadi Di Rumah

Dibuat pada 16 Feb 2022

Review QNAP NAS TS-130 “Budget-Friendly” Untuk Cloud Storage Pribadi Di Rumah

QNAP menghadirkan QNAP TS-130 sebagai pengguna NAS untuk para pengguna rumahan. QNAP NAS TS-130 ini dijual dengan harga kurang dari 3 Juta rupiah di Indonesia.


QNAP NAS - Produk NAS memiliki banyak fungsi yang beragam, walaupun sebagian besar dari kita mengenal NAS ini sebagai media untuk menyimpan data-data digital yang kita punya. Terlepas dari berbagai macam fungsinya. Nyatanya produk NAS saat ini mulai banyak digunakan oleh pengguna rumahan.

Maka, tidak heran jika saat ini banyak vendor NAS yang saling berlomba-lomba dalam menciptakan produk NAS yang powerfull dan pastinya “ramah kantong” untuk para pengguna rumahan. Salah satu vendor NAS yang produknya sangat menarik untuk direview kali ini adalah QNAP.

QNAP menghadirkan QNAP TS-130 sebagai solusi Budget-Friendly NAS untuk para pengguna rumahan. Sebagai informasi, QNAP NAS TS-130 ini dijual dengan harga kurang dari 3 Juta rupiah di Indonesia. Julukan “Budget-Friendly” ini ternyata bukan hanya sekedar gimmic belaka.

Namun, bagaimana dengan performa dan spesifikasinya? Mari kita bahas satu persatu~

 

Review QNAP NAS TS-130 Untuk Pengguna NAS Rumahan

Review QNAP NAS TS-130

Paket Penjualan

Untuk paket penjualan QNAP TS-130 ini berisikan:

  • Unit TS-130
  • Ethernet Cable x 1
  • AC Adapter
  • Power Cord
  • Flat head screw (for 3.5" HDD) x6
  • Flat head screw (for 2.5" HDD) x2
  • Quick Installation Guide (QIG)

 

Tampilan Desain

QNAP TS-130 ini memiliki ukurang yang terbilang sangat ramping dengan dimensi produk sebesar 187.5 × 66.1 × 157.6 mm, dan memiliki bobot kurang dari 1 kg atau lebih tepatnya 0.61 kg.

Dilapisi dengan warna Biru Muda, membuatnya sangat cocok untuk diletakan dimanapun. Baik itu diruang keluarga, ruang tamu, meja kerja Anda dirumah, dan lain sebagainya.

Untuk bagian depan dari unit TS-130 ini terdapat 1 buah tombol Power yang digunakan untuk menghidupkan unit TS-130 ini. Lalu jika naik keatas sedikit, terdapat 3 LED indikator yang menandakan System Status, LAN, dan HDD.

Lalu kita beralih dari sisi depan ke sisi kiri TS-130. Di sisi kiri terdapat tulisan deboss QNAP yang terlihat sangat jelas. Oh iya, sebagai informasi untuk casenya sendiri ini terbuat dari bahan polikarbonat ya.

Lalu, kita beralih lagi ke sisi bagian belakangnnya sekarang. Untuk bagian belakang TS-130 ini memiliki rongga untuk pembuangan panas oleh heatsink atau fannya. Turun ke bawah lagi kita akan menemukan 1 tombol Reset, 4 buat port yang masing-masing terdiri dari

  • 1x Port USB 2.0
  • 1x Port USB 3.2 Gen 1
  • 1x Port Gigabit Ethernet (RJ45)
  • 1x Port DC IN

 

Konsumsi Daya

Nah, pasti banyak dari kalian yang bertanya-tanya tentang konsumsi dayannya. Hal itu menurut kami sangat wajar untuk ditanyakan, mengingat NAS ini harus terus-menerus dinyalahkan selama 24 x 7 hari non stop.

Untuk konsumsi dayanya sendiri berkisar 7.1 sampai 7.29 watt saat aktif digunakan. Sedangkan saat mode sleep atau tidak lagi digunakan, unit ini hanya memakan daya sekitar 3.2 sampai 3.45 watt saja. Hmm, terbilang irit bukan?

 

Performa

Menggunakan prosesor Realtek RTD1295 quad-core 1.4GHz dengan default RAM bawaan 1 GB DDR4. Membuat TS-130 ini sudah lebih dari cocok untuk mendukung kegiatan berbagi, menyimpan, mengelola, dan mencadangkan data-data kamu dengan mudah dan cepat.

Oh iya, untuk hard drivenya sendiri. Untuk TS-130 ini mendukung hard drive tipe SATA  3 atau SATA 6 Gb/s. Jadi kalian bebas memilih mau menggunakan Hard Disk maupun SSD sebagai storage penyimpanannya.

Kalo dari kami sangat menyarankan untuk menggunakan SSD. Kenapa? Karena SSD ini dapat membantu dalam meningkatkan performa read/write data menjadi lebih ngebut lagi. Ya, walaupun menggunakan HDD juga sudah lebih dari cukup berkat performa dari si prosesor yang digunakan pada unit TS-130 ini.

 

Perbandingan

Review QNAP NAS TS-130

Sebagai perbandingan, kami melakukan 2 test berbeda yaitu melakukan transfer file dari Windows ke NAS dan juga sebaliknya.

Pengujian pertama kami melakukan transfer bolak balik tanpa menggunakan sistem enkripsi AES-NI 256 yang sudah disedikan oleh TS-130. Dari hasil pengujian pertama ini kita mendapatkan hasil bahwa.

  • Kecepatan Download atau kecepatan transfer data dari NAS ke Windows ini mencapai 113 MB/s*
  • Lalu, untuk kecepatan upload atau kecepatan transfer data dari Windows ke NAS ini mencapai 112 MB/s*

Nah, lanjut ke hasil pengujian transfer bolak balik yang ke dua. Kali ini kami mengaktifkan fitur enskripsi AES-NI 256, yang mana fitur ini katanya hanya hadir pada NAS middle-range saja. Tapi, nyatanya QNAP membawa fitur tersebut untuk hadir pada NAS Entry-level mereka.

Dari hasil pengujian kedua ini kami mendapatkan perbedaan yang tidak terlalu jauh dari hasil pengujian yang pertama.

  • Kecepatan Download atau kecepatan transfer data dari NAS ke Windows ini mencapai 113 MB/s*
  • Lalu, untuk kecepatan upload atau kecepatan transfer data dari Windows ke NAS ini mencapai 110 MB/s*

Nyaris tidak ada bedanya bukan?

 

Kompatibilitas

Untuk mengecek kompatibilitas dari unit TS-130 ini, kami melakukan pengujian dengan menghubungkannya ke 3 komputer dengan jenis OS yang berbeda.

Hasilnya, TS-130 ini tidak memiliki masalah sama sekali saat dihubungkan dengan PC yang menggunakan OS Windows, MacOS, maupun Linux/Ubuntu.

 

Harga

Untuk harga, Toko Storage sendiri menjual unit TS-130 ini dengan harga kurang dari 3 juta rupiah atau lebih tepatnya Rp. 2.150.000. Unit yang dijual oleh Toko Storage ini sudah termasuk semua yang tertera pada paket penjualan, termasuk garansi resmi dari QNAP Indonesia dan Tech Support Bahasa Indonesia (via WhatsApp).

 

Kesimpulan

Menurut kami, NAS TS-130 ini merupakan NAS Entry-level yang cocok untuk digunakan oleh para pengguna rumahan yang sedang mencari NAS dengan harga yang murah, namun tetap memiliki performa yang powerfull.

Dibekali dengan prosesor Realtek RTD1295 quad-core 1.4GHz dan dengan RAM bawaan sebesar 1 GB. Unit ini sudah mampu memberikan performa Download dan Upload yang melebihi 100 MB/s.

Jadi, buat kalian yang punya rencana untuk membuat cloud storage pribadi di rumah. Unit ini sudah lebih dari cukup untuk mengcover kebutuhan cloud storage pribadi kalian.

Atau, jika kalian butuh unit ini hanya untuk menyimpan data-data penting saja. Unit ini sudah sangat aman dan cocok, karena unit ini sudah dilengkapi dengan fitur enkripsi AES-NI 256 untuk berbagi maupun menyimpan data.

Tags :

#NAS #QNAP #review

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0