SSHD Murah Pengganti SSD Yang Mahal

Dibuat pada 10 Feb 2021

SSHD Murah Pengganti SSD Yang Mahal

SSD maupun HDD sebagai tempat penyimpanan, yang tentunya memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan SSD ...


SSD Murah - SSHD adalah sebuah teknologi storage jenis terbaru yang menggabungkan storage jenis HDD dan SDD. Selama ini kita hanya mengenal dua jenis storage saja pada PC/Laptop, yaitu SSD dan HDD. Kedua storage tersebut sama-sama memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. Akan tetapi, dengan hadirnya teknologi SSHD ini, kita bisa mendapatkan kelebihan yang dimiliki oleh SSD maupun HDD sebagai tempat penyimpanan, yang tentunya memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan SSD.

Penyimpanan data yang besar menjadi prioritas utama setiap orang dalam membeli sebuah perangkat, terutama untuk yang sering bekerja dengan menggunakan PC/Laptop. Lalau apa saja kelebihan yang dimiliki oleh SSHD ini, sehingga dapat dikatakan sebagai jenis storage terbaik diantara SSD dan HDD. Berikut ini adalah penjelasan terkait dengan teknologi SSHD ini.

 

Apa itu SSHD? Si Pengganti SSD Dengan Harga Murah

SSHD atau Solid State Hybrid Drives ini merupakan inovasi terbaru dalam teknologi penyimpanan data internal untuk PC maupun untuk Laptop. SSHD ini menggabungkan dua jenis penyimpanan, yaitu Hard Disk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD).

Dengan adanya penggabungan antara dua jenis storage tersebut, SSHD ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah memiliki kecepatan transfer data yang tidak kalah jauh dari SSD. Selain itu, kapasitas penyimpnan yang dimiliki oleh SSHD ini tidak jauh berbeda dari HDD.

Pada saat ini, baik itu untuk pekerjaan ataupun untuk kegaitan sehari-hari, PC/Laptop yang menggunakan storage jenis SSHD ini lebih banyak disukai dan dicari. Hal itu karena SSHD ini dapat meningkatkan produktivitas seseorang dalam melakukan pekerjaannya.

 

Kelebihan Dari SSHD

Di bawah ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh SSHD dibandingkan dengan SSD ataupun HDD. Kelebihan tersebut antara lain:

  • Memiliki Kecepatan Transfer Data Yang Tinggi

Selama ini kita mengenal SSD sebagai storage yang memiliki kecepatan transfer data yang paling cepat. Akan tetapi, hal tersebut juga dapat dilakukan oleh SSHD ini. Hal tersebut dapat dilakukan oleh SSHD, karena SSHD ini memadukan dua jenis teknologi storage yaitu SSD dan HDD, maka kemampuan seperti booting OS yang cepat, membuka suatu aplikasi dengan cepat, dapat dilakukan oleh SSHD ini.

  • Minim Tingkat Kegagalan Saat Melakukan Read/Write Data

Berkat adanya penggabungan teknologi antara teknologi SDD dengan teknologi HDD ini kedalam model SSHD. Membuat SSHD ini memiliki tingkat kegagal yang minim, dalam melakukan proses read/write data. walaupun masih tetap memiliki resiko dalam melakukan proses read/write, akan tetapi dengan hadirnya teknologi SSHD ini dapat memberikan banyak perubahan pada dunia storage PC dan Laptop.

  • SSHD Jauh Lebih Awet

SSHD dapat dikatakan lebih awet jika dibandingkan dengan HDD. Hal itu disebabkan karena bagian yang bergerak pada SSHD ini jauh lebih sedikit ketika sedang melakukan pemrosesan data. Contohnya, ketika HDD mengalami masalah bad sector dan data yang ada pada hardisk tersebut tidak dapat dibaca, alhasil hardisk tersebut sudah tidak bisa digunakan atau diperbaiki kembali.

Produsen SSHD menjamin para penggunanya terhindar dari masalah bad sector tersebut. Sehingga dapat dikatakan jika SSHD ini jauh lebih aman untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan data, dibandingkan dengan hardisk ataupun SSD.

  • Dapat Menambah Performa PC/Laptop Pada Saat Digunakan Bermain Game

SSHD dapat menjadi tempat penyimpanan yang sangat cocok untuk para gamers. Hal itu dikarenakan SSHD ini menawarkan performa yang lebih dari SSD dan hardisk, mulai dari kecepatan booting OS, kecepatan saat membuka dan menjalankan game, dan masih banyak lagi yang lainnya. Game-game yang membutuhkan kapasitas storage yang besar juga dapat disimpan didalam SSHD ini.

SSHD meningkatkan kenyamanan kita pada saat bermain game dan juga meningkatkan performa PC/Laptop yang kita miliki.

  • Penggunaan Daya Yang Irit

Jenis penyimpanan yang digunakan juga dapat mempengaruhi daya yang digunakan pada PC/Laptop. Menggunakan SSHD sebagai tempat penyimpanan data internal pada PC/Laptop ini merupakan salah satu solusi terbaik untuk irit listrik.

Dari segi penggunaanya pada laptop, SSHD ini jauh lebih hemat dibandingkan dengan HDD. Akan tetapi, masih tertinggal sangat tipis jika dibandingkan dengan teknologi SDD.

 

Meskipun memliki banyak keuntungan, bukan berarti SSHD ini tidak memiliki kekurangan ataupun kelemahan:

Kekurangan Yang Dimiliki Oleh SSHD

Dengan adanya penggabungan antara SSD dengan HDD, tidak serta merta membuat teknologi SSHD ini menjadi teknologi storage yang paling sempurna. Karena menggunakan komponen campuran dari HDD, maka SSHD ini masih memiliki kekurangan yang dimiliki oleh HDD, yaitu bobotnya yang cukup berat.

Harga Yang Jauh Lebih Mahal

Secara garis besar, SSHD ini jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan HDD. Akan tetapi, harga jual dari SSHD cenderung lebih murah dibandingkan SSD. Jadi jika diurutkan storage dengan harga jual dari yang termahal hingga ke yang termurah antara lain, SSD, SSHD, HDD.

 

Seperti itulah ulasan mengenai SSHD si storage murah pengganti SSD yang mahal. Meskipun SSHD memiliki teknologi gabungan antara HDD dengan SSD, bukan berarti HDD dan SSD sudah tidak digunakan atau kalah saing. Mereka tetap memiliki keunggulannya masing-masing. Mungkin saat artikel ini diposting, sudah ada banyak brand yang menjual SSD murah dengan harga yang relatif terjangkau.

Akan tetapi, hal tersebut kembali lagi kepada kalian, mau menggunakan storage jenis yang mana untuk PC/Laptop kalian serta untuk kebutuhan apa.

Tags :

#hard #disk #storage #ssd #gamming #hard-disk #ssd-murah

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0