Alasan NAS Storage Butuh Hard Disk Khusus

Dibuat pada 09 Feb 2021

Alasan NAS Storage Butuh Hard Disk Khusus

Saat ini sudah ada banyak penjual yang menjual Hard disk khusus untuk NAS Storage. Akan tetapi, hard disk untuk NAS Storage ini, tidak jauh ...


NAS Storage - Saat ini sudah ada banyak penjual yang menjual Hard disk khusus untuk NAS Storage. Akan tetapi, hard disk untuk NAS Storage ini, tidak jauh berbeda dengan hard disk yang biasa kita gunakan pada PC/Laptop, mulai dari bentuk hingga kapasitas storage yang digunakan.

Akan tetapi, terdapat perbedaan yang tidak terlihat namu sangat jauh antara HDD khusus untuk NAS dengan hard disk untuk PC/Laptop biasa. Lalu apa saja perbedaannya? Dan mengapa NAS Storage butuh hard disk yang khusus?

 

NAS Storage dan Alasan NAS Storage Butuh Hard Disk Khusus

NAS (Network Attached Storage) adalah sebuah perangkat yang difokuskan sebagai media penyimpanan berbasis jaringan. NAS biasanya digunakan pada jaringan LAN untuk kebutuhan berbagi data dengan mudah dan cepat. Hal tersebut membuat data yang ada di dalam NAS dapat diakses oleh semua user atau perangkat yang terhubung kedalam jaringan LAN tersebut, baik itu melalui PC, smartphone, server, maupun perangkat yang lainnya. NAS saat ini sangat populer dijadikan sebagai server storage atau cloud storage oleh orang-orang.

NAS sangat memudahkan orang-orang untuk berbagi data didalam suatu jaringan dengan mudah dan cepat. Dengan menggunakan NAS, para penggunanya sudah tidak perlu lagi menggunakan flash drive untuk kegiatan berbagi data. Mereka hanya perlu mengakses NAS dari jaringan LAN yang sudah disediakan, lalu mereka bisa memulai kegiatan berbagi datanya.

Perangkat NAS yang ada pada saat ini, mampu menampung banyak hardisk. Mulai dari 2 hingga 8 buah HDD sekaligus, dapat dimasukan kedalam perangkat NAS untuk memperoleh tempat penyimpanan yang besar. HDD yang dipasang pada NAS juga dapat dioptimasi melalui fitur RAID, yakni membuat dua atau lebih hardisk yang dipasang dapat berjalan bersamaanm untuk memperoleh performa yang lebih dari biasanya. Selain itu, fitur RAID yang ada pada NAS juga akan memberikan keuntungan lain bagi para pengguna NAS.

 

Mengapa NAS Butuh HDD Khusus?

Dilihat dari penjabaran diatas, NAS ini memiliki kegunaan yang berbeda dibandingkan PC/Laptop. Hal itu dikarenakan berat beban yang harus ditanggung oleh storage yang digunakan pada setiap perangkat. Agar NAS dapat bekerja dengan optimal, maka produsen hardisk membuat hardisk khusus untuk NAS yang dibekali dengan beberapa fitur yang dapat membuat kinerja NAS meningkat, dan hal tersebut yang membuat perbedaan besar antara HDD khusus untuk NAS ini dengan HDD PC/Laptop biasa.

Saat ini, sudah ada beberapa HDD yang dibuat dan dirancang khusus untuk perangkat NAS. Secara fisik, memang HDD berukuran 3.5 inci ini tidak jauh berbeda dengan HDD pada PC/Laptop yang biasa kita gunakan. Akan tetapi, set fitur yang terdapat dalam HDD khusus NAS ini sangat jauh berbeda dibandingkan dengan HDD biasa untuk PC/Laptop. Dan tentu saja, HDD khusus NAS ini sudah teroptimisasi agar dapat menanggung beban kerja dari NAS, termasuk untuk bekerja hingga 24 jam non-stop.

Hal tersebut, menunjukan perbedaan besar antara HDD khusus untuk NAS dengan HDD untuk PC/Laptop biasa, yang pada dasarnya memang tidak ditujukan untuk bekerja secara non-stop selama 24/7. Hal itu dikarenakan NAS ini biasanya akan terus dihidupkan oleh para penggunanya, sehingga setiap user dapat mengakses NAS dimanapun dan kapapun. Selain itu, HDD pada NAS juga akan jarang beristirahat atau bahkan tidak pernah, karena akan terus menerus bekerja secara non stop.

Karena alasan itulah, mengapa perangkat NAS ini sangat membutuhkan HDD khusus. Untuk terus bekerja tanpa henti untuk melakukan share, read dan delete data para penggunanya. Selain itu, sistem pada NAS juga akan melakukan back up data para penggunanya secara otomatis, untuk mengamankan data para penggunanya.

 

Tags :

#hard #disk #hardisk #storage #seagate #NAS #Network #Attached #seagate-iron-wolf

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0