Cara Kerja Ransomware

Dibuat pada 12 May 2023

Cara Kerja Ransomware

Ransomware masuk melalui sistem dengan beberapa cara, bisa melalui email spam, situs web yang tidak aman


Apa itu Ransomware?

Ransomware adalah jenis malware yang dirancang untuk mengenkripsi data pada komputer korban dan kemudian meminta sejumlah tebusan untuk mendapatkan kunci enkripsi datanya.

 

Cara Kerja Ransomware

Ransomware masuk melalui sistem dengan beberapa cara, bisa melalui email spam, situs web yang tidak aman, maupun eksploitasi keamanan pada sistem operasi atau perangkat lunak yang digunakan. Setelah memasuki sistem, ransomware akan mulai mengenkripsi file pada komputer yang terinfeksi tersebut.

 

Contoh Ransomware Terkenal dan Cara Kerjanya

  • WannaCry: Ransomware ini menyebar melalui email spam dan meng eksploitasi kerentanan keamanan pada sistem operasi Windows. Setelah memasuki sistem, WannaCry akan mulai mengenkripsi file pada komputer tersebut dan menampilkan pesan tebusan yang harus dibayarkan dalam mata uang kripto Bitcoin.
  • NotPetya: Ransomware ini menyebar melalui email phishing serta meng eksploitasi kerentanan OS Windows seperti halnya WannaCry. NotPetya akan mengenkripsi file pada komputer yang terinfeksi, lalu kemudian mengganti MBR (Master Boot Record) komputer dengan kode yang akan menampilkan pesan tebusan.
  • Locky: Ransomware ini kebanayakan menyebar melalui situs web yang tidak aman. Setelah memasuki sistem, Locky akan mengenkripsi file pada komputer dan menampilkan pesan tebusan yang harus dibayar dalam Bitcoin.

 

Cara Melindungi Diri dari Ransomware

Untuk melindungi diri dari ransomware, sangat penting untuk selalu melakukan backup data secara teratur dan memperbarui sistem keamanan serta perangkat lunak yang digunakan dengan patch terbaru. Untuk masalah backup data, kamu dapat menggunakan layanan cloud storage, harddisk eksternal, maupun server storage seperti QNAP NAS.

Selain itu, penting juga untuk selalu berhati-hati dalam membuka email yang mencurigakan maupun dalam mengunduh sesuatu apalagi dari sumber yang tidak jelas, dan selalu gunakan perangkat lunak yang asli dan bukannya yang bajakan ya.

Tags :

#QNAP #Ransomware #Virus #Backup #Data

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0