Jenis-jenis Ransomware

Dibuat pada 12 May 2023

Jenis-jenis Ransomware

Berikut ini adalah beberapa jenis ransomware yang berbeda beserrta contoh-contoh ransomware terkenal


Ransomware adalah jenis malware yang mengenkripsi data pengguna dan meminta tebusan untuk mengembalikan data tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis ransomware yang berbeda beserrta contoh-contoh ransomware terkenal.

 

Locker Ransomware

Locker Ransomware adalah jenis ransomware yang mengunci akses pengguna ke sistem atau data milik mereka. Pada aksinya, Locker ransomware ini sering menggunakan email phising yang menyerupai pemberitahuan dari otoritas resmi seperti kepolisian untuk menipu pengguna agar membayar tebusan. Contoh Locker ransomware yang terkenal:

  • Winlocker
  • TeslaCrypt
  • Locky

 

Crypto Ransomware

Crypto Ransomware adalah jenis ransomware yang menggunakan enkripsi untuk mengunci data-data milik pengguna sehingga mereka tidak bisa lagi mengakses data nya. Crypto ransomware umumnya meminta tebusan dalam bentuk crypto seperti Bitcoin agar sulit untuk dilacak. Contoh terkenal dari crypto ransomware adalah:

  • WannaCry
  • NotPetya
  • Ryuk

 

Scareware Ransomware

Scareware Ransomware adalah jenis ransomware yang cara kerjanya menampilkan pesan palsu yang menaktukan untuk menakuti para korbannya. Seperti pesan yang mengklaim bahwa sistem pengguna telah terinfeksi virus dan sebagainya. Pesan tersebut sering meminta pengguna untuk membayar sejumlah tebusan untuk menghapus virus palsu tersebut. Contoh terkenal dari scareware ransomware ini:

  • Antivirus XP
  • WinFixer

 

Mobile Ransomware

Mobile Ransomware adalah jenis ransomware yang menargetkan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Mobile ransomware sering menyamar sebagai aplikasi yang “kelihatannya normal” dan meminta izin untuk mengakses data pengguna. Setelah mendapatkan akses, mobile ransomware ini melancarkan aksinya dengan cara mengunci akses pengguna ke perangkat mereka atau mengenkripsi data mereka yang mereka simpan di smartphone atau tablet nya. Contoh terkenal dari mobile ransomware ada:

  • Lockscreen
  • Pegasus

 

Ransomware-as-a-Service (RaaS)

Ransomware-as-a-Service (RaaS) merupakan layanan yang memungkinkan penjahat siber untuk menyewakan atau menjual ransomware milik mereka ke orang lain. RaaS mempermudah proses untuk menyebarkan ransomware dan memungkinkan penjahat siber yang kurang berpengalaman IT untuk menghasilkan uang dengan mudah. Contoh RaaS yang terkenal adalah:

  • Cerber
  • Stampado

 

Pentingnya Tidak Membayar Tebusan

Dalam semua kasus, penting untuk tidak membayar tebusan karena ini dapat mendorong penjahat siber untuk melanjutkan serangan mereka. Selain itu, tidak ada jaminan bahwa data atau sistem akan dikembalikan setelah pembayaran tebusan.

 

Tindakan yang Dapat Dilakukan dalam Menghadapi Serangan Ransomware

Sebaliknya, sebaiknya menghubungi otoritas keamanan siber untuk mendapatkan bantuan dalam mengatasi serangan ransomware.

 

Tags :

#QNAP #Ransomware #Virus #Backup #Data

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0