NAS Untuk Mini Server Pribadi

Dibuat pada 08 Jan 2021

NAS Untuk Mini Server Pribadi

NAS atau Network Attached Storage ini memiliki kemampuan yang hampir seperti server. Namun ruanglingkup NAS ini jauh lebih sederhana dibandingkan dengan server.


NAS atau Network Attached Storage ini memiliki kemampuan yang hampir seperti server. Namun ruanglingkup NAS ini jauh lebih sederhana dibandingkan dengan server. Yang artinya, NAS ini sangat cocok untuk digunakan sebagai server pribadi.

Lalu, apa saja manfaat yang diberikan oleh Network Attached Storage atau NAS bagi para penggunanya? Dan juga apakah NAS ini sangat dibutuhkan dan wajib digunakan oleh perusahaan?

Bayangkan jika kalian harus mencari file atau dokumen penting disekian banyak komputer/laptop ataupun perangkat yang digunakan. Banyaknya jumlah perangkat yang digunakan dan belum lagi perbedaan OS pada masing-masing perangkat, tentunya akan mempersulit dan juga memperlama kalian dalam mencari file atau dokumen tersebut.

Kapasitas storage yang berbeda beda pada setiap perangkat, sering kali membuat data atau dokumen diletakan secara terpecah-pecah. Hal tersebut tentunya sangat merepotkan, karena untuk mencari atau menemukan file yang dibutuhkan, para pengguna harus mengingat dimana file tersebut diletakan atau disimpan. Belum lagi dengan adanya batasan hak untuk mengakases suatu storage, yang kadang menjadi masalah yang sangat merepotkan.

Kesulitan dalam berbagi data tersebut tidak hanya dialami oleh perusahaan besar saja, tapi juga sering kali dialami oleh para pengguna personal maupun kelompok.

Untuk memudahkan proses pengolahan maupun berbagi data, biasanya perusahaan memiliki server tersendiri yang dapat dengan mudah diakses oleh setiap karyawannya untuk memudahkan mereka dalam berbagi maupun bertukar data. Akan tetapi, dibutuhkan tenaga ahli untuk proses perawatan server agar dapat awet dan bertahan lama.

Network-Attached Storage atau NAS menawarkan sebuah sistem layanan server seperti yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar, akan tetapi kontrol yang lebih dipermudah. Sehingga NAS dapat digunakan sebagai mini server untuk perusahaan kecil, usaha, maupun untuk digunakan secara pribadi.

NAS ini memanfaatkan sistem jaringan untuk proses berbagi dan menyimpan datanya. Perangkat NAS ini dapat membantu para penggunanya untuk memanajemen penyimpanan data dalam suatu jaringan serta dapat terhubung keberbagai macam perangkat yang berada dalam satu jaringan. Selain itu, kalian juga tidak perlu menggunakan tenaga ahli atau memiliki keahlian khusus untuk mengoperasikan sistem NAS ini.

NAS moderen yang ada pada saat ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan seperti fitur untuk melakukan back up data dari berbagai macam perangkat, streaming film dan serta dapat disambungkan dengan perangkat multimedia player, dapat digabungkan dengan smart tv maupun game console, hingga kemampuan untuk berbagi atau bertukar file dalam satu jaringan.

Dibawah ini adalah manfaat dari Network-Attached Storage (NAS) bagi kalian pengguna personal maupun usaha kecil:

 

Manfaat Network Attached Storage (NAS) Untuk Pengguna Personal

NAS atau Network Attached Storage

Sistem pada NAS memungkinkan kalian untuk menyimpan dan berbagi file dalam satu jaringan, sehingga orang-orang yang berada didalam lingup jaringan kalian dapat saling berbagi file maupun melakukan stream file multimedia.

Data-data yang tersimpan pada perangkat NAS dapat diakses oleh seluruh orang di dalam rumah kalian, dengan menggunakan berbagai macam perangkat, asalkan masih terhubung ke dalam satu jaringan.

Jaringan yang dimaksud disini dapat berupa jaringan wireless atau WIFI maupun jaringan LAN.

 

Manfaat Network Attached Storage (NAS) Untuk Pelaku Bisnis Kecil

Bagi kalian yang memiliki usaha atau bisnis  yang membutuhkan basis data untuk kepentingan menyimpan maupun berbagi file untuk kebutuhan bisnis, akan tetapi tidak mau repot dan menggunakan tenaga profesional untuk perawatannya, maka kalian sangat cocok untuk menggunakan NAS ini.

Kalian hanya perlu menggunakan NAS, lalu menghubungkannya kedalam jaringan kantor atau tempat usaha kalian, lalu melakukan konfigurasi sedikit yang tentu saja mudah karena terdapat buku panduannya. Lalu ketika sudah selesai, NAS sudah dapat digunakan dan dapat diakses oleh orang-orang yang berada didalam jaringan tersebut.

Selain itu, kalian juga dapat mengakses perangkat NAS ini meskipun berada diluar kota melalui berbagai macam perangkat seperti smartphone maupun tablet. Kalian hanya perlu masuk kedalam jaringan NAS milik kalian, dengan begitu kalian dapat mengakses data-data yang disimpan didalam NAS milik kalian dari jauh.

 

Kurang lebih seperti itulah peran NAS sebagai server mini baik untuk pribadi maupun untuk usaha yang masih dalam skala kecil yang membutuhkan server yang mudah diakses dan digunakan. Sebenarnya banyak sekali manfaat dari NAS yang dapat kalian baca pada artikel yang sudah pernah saya buat di blog ini.

Tags :

#storage #NAS #Network #Attached #QNAP #Server #Mini

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0