Penyebab Hard Disk Cepat Rusak

Dibuat pada 19 Jan 2021

Penyebab Hard Disk Cepat Rusak

Hard Disk merupakan salah media penyimpanan data permanen yang saat ini masih banyak digunakan pada komputer maupun laptop terbaru ...


Hard Disk merupakan salah media penyimpanan data permanen yang saat ini masih banyak digunakan pada komputer maupun laptop terbaru. Selain komputer dan laptop, hardisk ini juga banyak digunakan sebagai media penyimpanan data pada server dan juga console game.

Kerusakan yang terjadi pada hardisk tentunya sangat beresiko tinggi terhadap data-data yang ada didalamnya. Banyak orang yang takut jika data-data penting yang ada didalam hardisk ikut hilang bersama hardisk yang rusak.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa penyebab hard disk cepat rusak.

Penyebab Hard Disk Komputer Cepat Rusak

 

Hard disk Terkena Panas Berlebih atau Overheat

Hardisk Terkena Panas Berlebih atau Overheat

Sebagian besar perangkat elektronik yang ada pada saat ini pastinya membutuhkan energi listrik agar dapat digunakan untuk menulis dan membaca data pada piringan logam atau platter yang ada pada hard disk. Energi listrik tersebut tentunya dapat berubah menjadi energi panas yang dapat menaikan suhu pada hardisk dan berpotensi merusak.

 

Usia Hardisk

Usia Hardisk

Setiap hardisk pastinya memiliki batas usia penggunaannya masing-masing. Contohnya, jika kalian merasa PC atau laptop yang kalian miliki sering kali mengalami masalah seperti hang, lag, ataupun program yang lama terbuka. Maka kalian harus mempertimbangkan untuk mengganti hardisk lama kalian dengan hard disk yang baru.

Kalian dapat melakukan antisipasi untuk memperkecil kehilangan data, dengan melakukan backup jika kalian meresa HDD yang kalian miliki sudah terlalu usang atau tua. Kalian dapat menggunakan software HDD Sentinel untuk mengecek kesehatan dari hardisk yang kalian miliki.

 

Penggunaan Yang Berlebihan

Penggunaan Yang Berlebihan

Penggunaan hardisk yang tidak pas seperti menggunakannya secara terus menerus. Tentunya akan membuat hardisk menjadi lemot dan juga dapat merusak komponen-komponen yang berada didalamnya. Setiap perangkat hardisk membutuhkan waktu untuk beristirahat guna menurunkan suhu yang ada pada dirinya.

Untuk pekerjaan berat seperti komputer server, ada baiknya jika kalian memilih dan membeli HDD yang memang di khususkan untuk keperluan komputer server, dibandingkan dengan menggunakan hardisk yang biasa.

 

Terjatuh Atau Terbentur

Terjatuh Atau Terbentur

Hardisk bisa dibilang sangat sensitif terhadap guncangat atau benturan. Hal itu dikarenakan dialam hardisk terdapat sebuah komponen yang berbentuk piringan, yang berguna untuk menyimpan data-data pada PC/Laptop.

Piringan pada HDD sangatlah sensitif, jika HDD terjatuh atau mengalami benturan yang cukup keras, maka besar kemungkinan HDD akan mengalami keruskan, entah itu bad-sector ataupun tidak dapat terbaca/digunakan lagi. Oleh karena itu, hati-hatilah dalam meletakan ataupun membawa hardisk external yang kalian miliki. Meskipun saat ini hardisk eksternal sudah dilengkapi dengan pelindung yang cukup kuat, alangkah baiknya kalian tetap harus membeli pelindung tambahan untuk mencegah hal-hal yang tidak diingkan terjadi pada hardisk kalian.

 

Listrik Yang Tidak Stabil

Listrik Yang Tidak Stabil

Listrik yang tidak stabil tentunya juga dapat berdampak buruk pada kinerja hardisk maupun umur hardisk itupun sendiri. Listrik yang tidak stabil dapat menyebabkan putaran platter atau piringan pada hardisk menjadi tidak stabil, dibeberapa kasus, penyebab hardisk yang mengalami badsector kebanyakan dari aliras listrik yang tidak stabil atau bahkan listrik yang tiba-tiba langsung mati.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kalian menggunakan UPS untuk berjaga-jaga dan mengantisipasi lonjakan listrik yang tidak stabil yang dapat merusak komponen pada hardisk maupun komponen PC/Laptop yang lainnya.

 

Demikianlah artikel kali ini yang membahas penyebab hard disk cepat rusak. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diingkan pada hardisk yang kalian miliki.

 

Tags :

#hardisk #hardisk-eksternal #hard-disk

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0