Perbedaan Antara Hardisk PC dengan Hard disk CCTV

Dibuat pada 22 Jan 2021

Perbedaan Antara Hardisk PC dengan Hard disk CCTV

Hardisk atau HDD adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan file-file atau dokumen milik penggunanya. Hardisk atau storage ini menjadi ...


Hardisk atau HDD adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan file-file atau dokumen milik penggunanya.

Hardisk atau storage ini menjadi salah satu perangkat keras yang terpenting, karena didalam hard disk tersebut kita dapat menyimpan berbagai macam software termasuk sistem operasi pada PC/Laptop. 

Sampai saat ini, sudah ada berbagai macam tipe-tipe storage yang ada dipasaran. Baik dari jenis konektornya, ukuran hardisk dan jenisnya.

Kemampuan atau performa hardisk dibedakan dari komponen yang digunakan serta kapasitas ukurannya. Akan tetapi pada artikel kali ini, saya tidak akan membahas mengenai hardisk PC/Laptop. Melainkan saya akan membahas mengenai perbedaan antara hard disk PC/Laptop dengan hardisk CCTV

 

Perbedaan Hardisk Untuk PC/Laptop Dengan Hardisk Untuk CCTV

CCTV atau yang biasa kita kenal dengan kamera pengawas ini menggunakan hardisk sebagai media penyimpanan datanya. Secara fisik, kedua bentuk HDD ini sama. Meskipun begitu, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan, baik dari fungsi maupun pengoptimalannya.

Hardisk yang dibuat untuk PC/Laptop didesign sebagai tempat penyimpanan yang memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis data, serta kemampuan untuk mentransfer data. Sedangkan hardisk CCTV didesign dengan kemampuan untuk merekam memutar dan merekam video secara nonstop.

Dari sini kita dapat menyimpulkan jika, HDD CCTV dibuat lebih tangguh dibanging dengan HDD PC/Laptop. Karena HDD CCTV diperuntukan untuk proses penulisan data secara non stop. Dengan kemampuannya, hdd CCTV dijual dengan harga pasaran yang tidak jauh berbeda dengan hdd PC/Laptop pada umumnya.

 

Tips Memilih HDD Yang Tepat Untuk CCTV

Saat ini banyak sekali yang menjual berbagai macam jenis HDD. Jika kita tidak jeli dan selektif dalam memilih, bisa-bisa kita salah dalam membeli hardisk yang kita butuhkan. Untuk membantu kalian dalam memilih hardisk CCTV yang sesuai dengan yang kalian butuhkan, kalian dapat mengikuti beberapa tips dibawah ini untuk memilih hdd yang tepat untuk CCTV kalian:

 

Jumlah Kamera Yang Digunakan

Demi mendapatkan keamanan yang ekstra, biasanya kita tidak hanya memasang 1 CCTV saja. Pasti kita akan memasang beberapa CCTV yang ditempatkan ditempat yang tersembunyi, untuk memantau seluruh ruangan dengan baik.

Akan tetapi, semakin banyak CCTV yang digunakan, tentunya akan berpengaruh pada kapasitas hard disk yang digunakan nantinya. Oleh sebab itu, jika kalian menggunakan lebih dari 1 kamera CCTV, ada baiknya jika kalian menyiapkan kapasitas hard disk yang besar dan cukup untuk menampung hasil dari seluruh kamera CCTV kalian.

Jika hard disk yang digunakan tidak sebanding dengan jumlah kamera CCTV yang digunakan, sudah pasti tidak semua hasil rekaman CCTV dapat ditampung didalam hardisk tersebut. Oleh karena itu, sangat penting bagi kalian untuk mengetahui berapa jumlah kamera CCTV yang kalian punya, agar kalian dapat membeli hardisk dengan kapasitas storage yang sesuai agar dapat menampung seluruh hasil rekaman CCTV yang kalian punya.

 

Memperhatikan Resolusi Kamera CCTV Yang Digunakan

Setiap jenis kamera CCTV pastinya memiliki resolusi yang berbeda-beda, mulai dari besar, sedang, hingga kecil. Resolusi kamera ini juga sangat berpengaruh pada kualitas rekaman yang didapat. Setiap orang yang memasang CCTV pastinya menginginkan hasil rekaman terbaik untuk dapat dilihat dengan jelas.

Akan tetapi semakin besar resolusi kamera CCTV yang digunakan, maka akan semakin besar juga size file video yang akan dihasilkan. Semakin besar file yang dihasilkan, maka semakin besar juga kapasitas storage yang dibutuhkan.

 

Durasi Waktu Rekaman Yang Ingin Disimpan

Setiap pengguna CCTV memiliki preferensinya masing-masing dalam menyimpan durasi rekaman CCTV mereka, ada yang mau menyimpan rekemannya untuk waktu yang sebentar dan ada juga yang mau menyimpan rekamannya untuk waktu yang lama. Pastinya semakin lama durasi rekaman yang disimpan akan semakin bagus tentunya. Karena kita dapat menyimpan dan melihat hasil rekaman pada waktu tertentu. Umumnya durasi waktu rekaman CCTV yang disimpan mulai dari 1 hingga 3 minggu.

Oleh karena itu, jika kalian ingin menyimpan rekaman dengan durasi yang lama, ada baiknya kalian memilih hardisk dengan ukuran yang besar agar dapat menyimpan durasi rekaman dalam waktu yang lama.

 

Tags :

#hardisk #hardisk-eksternal #hard-disk #hardisk-cctv #hardisk-cctv-murah

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0