Pilih SSHD Atau SSD Untuk Storage PC

Dibuat pada 02 Feb 2021

Pilih SSHD Atau SSD Untuk Storage PC

SSD atau solid-state drive merupakan sebuah perangkat penyimpanan data yang menggunakan chip sebagai tempat penyimpanan datanya dan buka ...


SSD dan SSHD - SSHD adalah singkatan dari solid state hybrid drive. SSHD memiliki komponen dan cara kerja yang masih sama seperti hard disk, yaitu masih sama-sama menggunakan piringan platter yang berputar pada saat digunakan. Akan tetapi SSHD ini memiliki kecepatan yang hampir sama dengan SSD. Hal itulah yang membuat SSHD ini disebut sebagai storage hybrid dari HDD dan SSD.

SSD atau solid-state drive merupakan sebuah perangkat penyimpanan data yang menggunakan chip sebagai tempat penyimpanan datanya dan buka menggunakan piringan platter seperti hard disk.

Jika digambarkan, SSD ini lebih mirip seperti USB drive akan tetapi lebih cepat.

 

Perbandingan Antara SSHD Dengan SSD Sebagai Storage Untuk PC

Jika dibandingkan lebih cepat mana, antara SSHD dengan SSD? Kita harus melihat dulu SSD tipe apa yang digunakan. Saat ini SSD memiliki 2 macam tipe, yaitu tipe SATA dan tipe NVMe.

  • SSD SATA merupakan tipe SSD yang sudah banyak beredar dan banyak digunakan pada saat ini. SATA merupakan jenis interface yang juga banyak digunakan pada hardisk saat ini.
  • Sedangkan tipe NVMe merupakan SSD tipe terbaru. Bentuk dari SSD tipe NVMe ini sama seperti RAM, akan tetapi SSD ini dipasang pada slot M.2 pada motherboard PC/Laptop milik kalian, dan memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat dari SSD tipe SATA.

Sedangkan SSHD ini dibuat dengan interface SATA yang memiliki bentuk agak tebal. SSHD memiliki tebal rata-rata 9.5 mm, sedangkan kebanyakan laptop hanya dapat memuat storage setebal 7-7.5 mm.

 

Lalu, lebih baik pilih SSD atau SSHD Untuk Storage Pada PC?

SSD memiliki keterbatasan pada kapasitas penyimpanannya. Meskipun begitu tetap ada SSD dengan kapasitas yang hampir sama seperti HDD, akan tetapi harga jualnya sangat mahal dan tentunya tidak bersahabat bagi beberapa orang.

Karena hal itu banyak orang yang lebih memilih untuk menggabungkan storage yang mereka miliki, seperti SSD 250 GB untuk sistem operasi dan HDD 1TB sebagai tempat penyimpanan utama mereka.

Jika dilihat dari faktor kecepatan, maka SSHD ini masih kalah dengan SSD tipe SATA, akan tetapi SSHD ini masih lebih cepat dibandingkan dengan hardisk biasa.

  • Kalian dapat menggunakan SSD jika prioritas kebutuhan kalian adalah kecepatan dan performa yang tinggi,
  • Kalian dapat menggunakan SSHD jika ingin kapasitas yang besar tapi memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari HDD.

 

Jadi lebih baik pilih SSHD atau SSD untuk storage pada PC? Lebih baik mana itu tergantung kebutuhan yang kalian butuhkan. Jika kalian memilih SSD, benefit yang akan kalian dapatkan adalah kecepatan dan juga performa yang tinggi, sedangkan jika kalian memilih SSHD kalian akan mendapatkan kapasitas storage yang hampir sama seperti HDD, akan tetapi mimiliki kecepatan dan juga performa yang lebih tinggi dibandingkan dengan HDD.

Tags :

#storage #ssd #hardisk-eksternal #hard-disk #sshd #harddisk

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0