Synology NAS Server Yang Fleksibel dan Modern

Dibuat pada 12 Apr 2021

Synology NAS Server Yang Fleksibel dan Modern

Synology NAS akan menyimpan beberapa versi file di Synology Drive untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Kemampuan ini dinamakan versioning pada Synology


Synology NAS - Memiliki media penyimpanan file yang dapat diakses dari mana saja pada saat ini tentunya akan sangat membantu. Apalagi bagi para pekerjaan yang selalu bekerja diluar kantor (mobile) atau luar kota.

Sampai saat ini, masih banyak perusahaan yang masih menggunakan file server klasik, yang hanya bisa diakses melalui jaringan lokal kantor saja. Hal tersebut tentunya akan menjadi penghabat bagi para pekerja yang bekerja diluar kantor. Mau tidak mau, perusahaan harus bisa mengadopsi teknologi baru untuk mengatasi masalah tersebut.

Terlepas dari permasalahan tersebut, banyak perusahaan yang masih kebingungan mau mengadopsi teknologi seperti apa untuk kebutuhan file sharing dan storage mereka. Salah satu opsi terbaik yang mungkin dipilih oleh pemilik perusahaan adalah menggunakan platform Cloud storage. Akan tetapi, masih banyak perusahaan yang ragu mengenai teknologi cloud storage ini karena faktor keamanan data serta lokasi cloud storage itu berada.

Sementara, jika melakukan upgrade fasilitas penyimpanan data perusahaan tentunya akan memakan banyak biaya, waktu, dan juga harus meng-hire tenaga ahli untuk memaintenance-nya.

Kondisi seperti inilah yang membuat banyak pengusaha terutama pengusaha kecil menjadi ragu untuk memanfaatkan teknologi yang ada. Mereka semua butuh solusi dari permaslaahan mereka.

Salah satu solusi terbaik yang dapat mereka terapkan adalah dengan membangun private cloud storage dengan memanfaatkan produk NAS dari Synology. Membangun private cloud storage bukan lagi hal mustahil untuk bisa kita lakukan sendiri. Karena pada NAS Synology sudah terdapat aplikasi bawaan yang disebut Synology Drive.

Aplikasi bawaan tersebut memungkinkan para penggunanya untuk membuat sebuah cloud storage pribadi, mirip dengan Google Drive yang dapat diakses dari mana saja tanpa perlu membayar biaya langganan dan sejenisnya. Synology Drive memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah setup yang mudah, mudah diintegrasikan ke jaringan LAN kantor, mudah dioperasikan, memiliki fitur-fitur yang memudahkan kolaborasi kerja di kantor.

Jika NAS Synologi disambungkan ke jaringan Internet, maka Synology Drive dapat kita akses dengan mudah dari mana saja dan kapan saja, tanpa melalui prosedur yang rumit dan memakan waktu.

Synology Drive tidak memungut biaya dari para usernya, sehingga sangat praktis karena tidak ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan selain untuk pembelian hardware NAS dan storage yang digunakan.

Untuk sisi manajemen perangkatnya sendiri, NAS Synology dilengkapi dengan aplikasi DiskStation Manager yang memiliki tampilan yang sederhana, tetapi memiliki kemampuan yang lengkap. Hal ini tentunya akan lebih memudahkan tim IT untuk merawat dan memantau kondisi dari NAS Synology ini. Ditambah, DSM ini dapat kita akses dari luar jaringan lokal melalui Internet, sehingga tim IT dapat memantau dan memeriksa kondisi NAS dari mana saja, asalkan terhubung dengan koneksi internet.

 

Keunggulan Yang Ditawarkan Oleh Synology NAS

Akses File/Data Dengan Mudah

Synology NAS - Akses data yang mudah

Hal pertama yang ditawarkan oleh Synology Drive adalah solusi media penyimpanan data yang aman dan dapat diakses dari mana saja dan kapan saja.

Dengan memanfaatkan aplikasi client Synology Drive yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS dan web GUI Synology Drive untuk para pengguna PC, kita menjadi lebih mudah dalam mengakses data-data tersebut asalkan kita terkoneksi dengan jaringan Internet.

Jika dibutuhkan, pembagian dan penentuan hakases pada NAS juga dapat dilakukan. Sehingga masing-masing user dapat mengatur dan mengelola cloud storage milik mereka sendiri dengan bebas.

Fitur searcing dan sharing file juga tersedia, untuk memudahkan para penggunanya dalam mencari data yang mereka simpan dan untuk mempermudah pembagian file/dokumen penting dengan rekan kerja dan lain lain

Pengaturan sharing file juga sangat fleksibel, para penggunanya dimungkinkan untuk mengatur berapa lama file tersebut dapat di-sharing. Selain itu, fitur password juga tersedia untuk melindungi file-file yang kita simpan di dalam NAS Synology ini.

Untuk proses backup dan sinkronasi file, tersedia aplikasi agent untuk PC. Aplikasi agent ini memungkinkan kamu untuk melakukan backup data secara berkala ke NAS dengan otomatis untuk beberapa sistem operasi seperti Windows, MacOS, dan Linux.

 

Memudahkan Kolaborasi Kerja Tim

Synology NAS - kolaborasi kerja tim lebih mudah

Hal lain yang ditawarkan oleh Synology Drive ini adalah memudahkan kita dalam melakukan kolaborasi kerja dengan anggota tim yang lain.

Dengan memanfaatkan integrasi pada aplikasi Synology Office, kita dapat mengakses dan membuka file-file dokumen, slide, dan spreadsheet dan bekerja secara bersama-sama dalam file-file tersebut. Jika dibutuhkan, tersedia fitur Synology Chat yang dapat kita gunakan untuk berkomunikasi dengan anggota tim yang lain agar dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan.

Tersedia juga fitur enkripsi yang dapat kita gunakan untuk mengamankan file-file dari hasil kerja kolaborasi.

Jika kamu memiliki kantor cabang dan butuh sinkronasi file untuk kerja kolaborasi antar cabang. Maka NAS Synology ini sangat cocok untuk digunakan karena memiliki fitur Synology Drive ShareSync yang memungkinkan NAS pada kantor cabang dapat melakukan sinkronasi file secara otomatis ke NAS utama di kantor pusat.

Untuk perlindungan terhadap kehilangan file yang disebabkan kerusakan storage, NAS Synology juga menawarkan fitur RAID yang dapat “menggabungkan” beberapa drive storage secara bersama-sama untuk menghasilkan satu drive storage dengan daya tampung yang besar.

Jika mode RAID yang diaktifkan menawarkan fitur redundansi, seperti RAID 1, RAID 01/10, RAID 5, serta SHR. Maka jika terjadi kerusakan pada salah satu drive storage yang dipasang, maka file yang tersimpan akan tetap bisa diselamatkan. Hil ini tentunya akan sangat membantu sekali, mengingat bisa saja file-file penting yang kita simpan dapat rusak ataupun hilang.

Agar lebih aman lagi, Synology NAS memiliki tambahan fitur ekstra untuk menjaga keamanan data. Synology NAS akan menyimpan beberapa versi file di Synology Drive untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Kemampuan ini dinamakan versioning pada Synology Drive.

 

Lokasi Penyimpanan On-premise

Synology NAS - Lokasi penyimpanan on premise

NAS yang dipasang pada jaringan lokal kantor tentunya membuat kita menjadi lebih lega, karena kita dapat langsung mengawasi dan juga memonitoring media penyimpanan cloud storage kita.

Media penyimpanan data yang on-premise seperti yang ditawarkan oleh NAS ini terkadang sangat penting bagi perusahaan. Apalagi jika menyangkut data-data penting perusahaan yang tidak boleh disimpan di sembarang tempat. Dengan menggunakan perangkat on-premise ini, kita dapat dengan mudah memeriksa secara langsung kondisi perangkat penyimpanan data bila dibutuhkan.

Synology NAS ini memiliki ukuran yang ringkas. Sehingga dapat ditempatkan di dalam kantor ataupun ruangan kerja dengan mudah, karena dengan bentuknya yang ringkas dan tergolong kecil ini tidak akan banyak makan tempat.

 

Synology NAS ini merupakan solusi terbaik bagi kalian yang membutuhkan media penyimpanan yang besar, aman, dan dapat diakses dari mana saja dengan mudah. Beberapa seri Synology NAS yang populer digunakan oleh pera pemilik bisnis UMKM antara lain DS720+, DS220+, DS920+, DS420+, DS2419+, DS1821+, dan DS1817.

Sementara untuk media penyimpananya haruslah menggunakan media penyimpanan atau Hardisk Internal khusus untuk NAS.

Mengapa harus khusus? Hal itu dikarenakan hardisk internal khusus NAS dengan hardisk internal yang biasa digunakan pada PC/Laptop sangatlah berbeda. Untuk lebih jelasnya kalian bisa baca Alasan NAS Storage Butuh Hard Disk Khusus.

Apakah ada rekomendasi Hardisk Internal NAS khusus yang murah? Tentu ada. Berikut ini adalah rekomendasi Hardisk Internal NAS murah yang dapat kalian temukan dengan mudah, antara lain: Seagate IronWolf, Western Digital Red, Western Digital Gold Enterprise, Western Digital Red Pro, Seagate Exos Enterprise Internal Hardisk, dan Toshiba N300.

Tags :

#storage #seagate #NAS #seagate-iron-wolf #wd #Synology #toshiba

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0