Bedanya Hard Disk Dengan SSD

Dibuat pada 04 Jan 2021

Bedanya Hard Disk Dengan SSD

Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan menjelaskan mengenai, apa itu SSD dan juga perbedaan SSD dengan Hard disk sebagai tempat penyimpanan data ....


Hard Disk Murah - Perkembangan teknologi yang kian pesat tiap harinya serta kebutuhan akan storage PC yang semakin banyak, membuat brand brand penyedia storage mulai gencar melakukan inovasi demi memuaskan kebutuhan konsumen dan menjaring konsumen sebanyak-banyaknya. Inovasi terbaru mereka telah menghasilkan sebuah storage baru, yaitu SSD atau Solid State Drive.

Mayoritas para pengguna PC dan laptop pada saat ini masih nyaman menggunakan hard disk sebagai tempat penyimpanan data mereka, dikarenakan masih belum terlalu familiar ataupun mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh SSD storage ini. Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan menjelaskan mengenai, apa itu SSD dan juga perbedaan SSD dengan Hard disk sebagai tempat penyimpanan data permanen di PC/Laptop.

 

Apa itu SSD?

SSD atau Solid State Drive merupakan sebuah hardware yang digunakan sebagai media penyimpanan data berbasis sirkuit, yang terdiri dari beberapa chip memori yang saling terintegrasi satu sama lain. Jika dilihat sekilas, SSD dan HDD ini tidak ada bedanya, kedua hardware tersebut sama-sama digunakan untuk menyimpan data pengguna secara permanen, dan juga baik hard disk eksternal maupun SSD eksternal sama-sama memiliki bentuk yang kecil, sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Akan tetapi, data-data yang kalian simpan di dalam SSD itu jauh lebih aman dibandingkan jika kalian menyimpannya pada hardisk. Hal itu dikarena, data-data yang kali miliki tidak lagi disimpan pada lapisan-lapisan magnetik, melainkan disimpan didalam chip-chip memori yang saling terintegrasi satu sama lainnya.

Agar kalian dapat lebih jelas untuk mengetahui perbedaan antara SSD dengan HDD ini, kalian dapat menyimaknya dari point-point yang sudah saya buat berikut ini.

 

Perbedaan Hard Disk Dengan SSD

cara kerja

Cara Kerja

Perbedaan paling mendasar dari HDD dengan SSD ini terletak pada cara kerjanya. Hardisk memanfaatkan sistem piringan dan juga magnetik sebagai inti dari performanya untuk menulis dan juga membaca data, sedangkan SSD memanfaatkan sistem full elektrik menggunakan chip memori untuk proses membaca dan juga menulis datanya.

 

kecepatan baca dan tulis data

Kecepatan Baca dan Tulis Data

Membicarakan soal performa dalam membaca dan juga menulis data, maka SSD (Solid State Drive) lah juaranya. SSD memiliki kecepatan baca dan tulis data 8x lebih cepat dibandingkan dengan hard disk. Perbedaan kecepatan dalam membaca dan menulis data inilah yang menjadi pertimbangan banyak orang untuk pindah/migrasi dari HDD ke SSD, walaupun harus mengeluarkan dana lebih dari kantong mereka.

 

ukuran dan bentuk dari hard disk dan SSD

Ukuran dan Bentuknya

Perbedaan berikutnya datang dari bentuk fisik kedua hardware ini, yang dimana hard disk memiliki bentuk fisik atau dimensi yang lebih besar dari SSD. Walaupun begitu, baik hardisk maupun SSD eksternal sama-sama cocok untuk dibawah kemana-mana. Ya, walaupun SSD memiliki dimensi yang lebih kecil dibanding dengan HDD sih.

 

komponen yang digunakan

Komponen Yang Digunakan

Komponen hardisk terdiri dari motor yang digunakan untuk menggerakan piringan cakram atau platter, sedangkan SSD hanya memiliki komponen berupa chip memori, Integrated Circuit (IC), serta komponen elektronik yang lainnya seperti kapasitor untuk penyimpan arus dan tegangan. Jika kalian tertarik untuk melihat komponen apa saja yang terdapat didalam hardisk, kalian dapat membaca artikelnya yang sudah pernah saya buat di blog ini.

 

Segi Fragmentasi

Segi Fragmentasi

Fragmentasi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut ruangan kosong di dalam storage yang disebabkan oleh penghapusan data atau pemformatan data. Proses pengisian atau penulisan file di dalam harddisk sendiri akan disusun secara rapih dan juga otomatis terurut. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, susunan file yang berada didalam hard disk tersebut pastinya akan berantakan akibat banyaknya perubahan yang terjadi seperti menghapus file. Kondisi tersebut tentunya dapat membuat kinerja dari hard disk menurun.

Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku untuk SSD. Karena seluruh data yang disimpan didalam SSD akan tersimpan atau dimasukan ke dalam Chip Flash.

 

harga

Harga

Solid State Drive ini memiliki harga jual yang lebih mahal dibandingkan dengan harga jual hardisk pada umumnya. Perbedaan harga antara SSD dengan HDD ini sangat jauh dan lebar sekali. Harga SSD 250GB saat ini, hampir setara dengan hardisk berukuran 1TB.

 

Efek Yang Dihasilkan

Efek yang ditimbulkan jika menggunakan salah satu dari storage ini pun juga menjadi pembeda antara SSD dengan HDD. Para pengguna PC atau Laptop, pastinya sudah terbiasa dan familiar dengan bunyi berisik HDDnya saat digunakan bukan, sementara PC atau laptop yang sudah menggunakan SSD tidak akan mengalami kebisingan tersebut, dikarenakan SSD menggunakan sistem Chip untuk penyempinan datanya.

 

Kurang lebih seperti itulah, perbedaan antara hard disk dengan SSD yang harus kalian ketahui sebelum membeli salah satunya. Saran yang dapat saya berikan kepada kalian adalah, jika kalian hanya ingin menyimpan file atau data-data penting milik kalian saja atau menggunakan PC/Laptop untuk kebutuhan kerja maupun sekolah yang ringan, maka kalian lebih cocok untuk menggunakan Hard disk.

Sedangkan, jika kalian memiliki hobby design grafis, editing video, apalagi gamming. Maka saya sarankan, kalian membeli dan menggunakan SSD saja. Hal itu dikarenakan SSD dapat memberikan performa yang lebih tinggi dalam menjalankan aplikasi ataupun game berat, saya juga pernah menulis artikel tentang peran SSD untuk meningkatkan performa Gaming yang dapat kalian baca juga di blog ini. Oke, sekian dulu artikel kali ini, terus pantau perkembangan blog ini guna mendapatkan informasi terkait dengan hardisk maupun network attached storage terbaru ya.

Tags :

#hard #disk #hardisk #eksternal #storage

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0