Tips Memilih Hard Disk Terbaik Untuk NAS

Dibuat pada 11 Jan 2021

Tips Memilih Hard Disk Terbaik Untuk NAS

Akan tetapi saat ini saya akan memfokuskan pembahasan mengenai Tips Memilih Hard Disk Terbaik Untuk NAS Storage Server. Network Attached Storage atau NAS ...


Hard Disk Untuk NAS - Storage server adalah sebuah server yang digunakan atau difungsikan sebagai tempat penyimpanan data yang memiliki kapasitas yang besar dan dapat diakses oleh orang-orang yang berada dalam satu jaringan dengan storage server. Terdapat 3 jenis teknologi berbeda yang digunakan pada storage server ini, yaitu SANDAS dan NAS. Akan tetapi saat ini saya akan memfokuskan pembahasan mengenai Tips Memilih Hard Disk Terbaik Untuk NAS Storage Server.

 

Tips Memilih Hard Disk Terbaik Untuk NAS Storage Server

 

Network Attached Storage atau NAS merupakan sebuah storage server yang berfungsi untuk menyimpan data dalam sekala besar, yang dapat diakses dari mana saja, asalkan masih dalam satu jaringan.

Dengan memiliki NAS sebagai storage server pribadi ataupun untuk kegiatan bisnis, tentunya akan memudahkan kalian dalam menjalankan kegiatan bisnis ataupun menyimpan dan berbagi data dengan mudah dan cepat. NAS ini nantinya akan dihubungkan dengan jaringan komputer-komputer tempat kalian ataupun server utama agar dapat melakukan penyimpanan workgroup dan melakukan backup data pada jaringan lokal.

Fungsi utama dari NAS ini adalah untuk meringankan beban atau kerja dari server utama dalam menangani penyimpanan dan juga berbagi data. NAS terus mengalami perkembangan yang membuatnya makin kompleks akan tetapi sangat mudah untuk digunakan.

Perkembangan NAS terbaru pada saat ini adalah NAS dapat dikontrol atau diremot dari jarak jauh, sehingga dapat memudahkan kalian untuk berbagi data walaupun kalian tidak ada dikantor ataupun didekat jaringan NAS. Selain itu, ada banyak sekali format file yang dapat didukung oleh NAS ini. Sehingga kalian tidak perlu takut file yang kalian miliki tidak dapat disimpan di NAS.

NAS menggunakan sistem hard disk sebagai tempat penyimpanannya. Berikut ini adalah beberapa brand hard disk yang berkualitas yang paling sering digunakan untuk menambah kapasitas storage pada NAS. Brand brand  tersebut seperti Buffalo, Dell, D-Link, Edimax, Fujitsu, IBM, Netgear, Qnap, Seagate, Synology, Western Digital (WD), Dll.

Untuk dapat memilih hard disk terbaik untuk NAS milik kalian, kalian dapat mengikuti beberapa tips dibawah ini, agar kalian bisa mendapatkan hard disk terbaik untuk NAS kalian dan sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan.

 

Tips Memilih Hard Disk Untuk NAS

Mempertimbangkan Berdasarkan Kebutuhan Pengguna

  1. Mempertimbangkan Berdasarkan Kebutuhan Pengguna

Tips pertama dalam memilih hard disk terbaik untuk NAS kalian adalah dengan mempertimbangkannya berdasarkan kebutuhan pengguna, baik itu untuk perorangan/pribadi ataupun untuk bagian-bagian tertentu dalam tempat kerja. Alasannya, setiap orang pastinya membutuhkan kapasitas sotrage yang berbeda-beda, oleh karena itu kalian harus mengetahui terlebih dahulu, NAS yang kalian miliki ini mau digunakan untuk siapa saja. Apakah untuk kebutuhan pribadi saja seperti menyimpan file-file, gambar, foto, dan video, atau untuk kebutuhan office kalian.

 

Memilih Berdasarkan Ruang Lingkup

  1. Memilih Berdasarkan Ruang Lingkup

Tips kedua ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tips yang pertama, akan tetapi tips yang kedua ini sudah lebih spesifik lagi kebutuhannya, yaitu untuk kebutuhan office atau tempat kerja. Akan tetapi hal terpenting yang harus dipertimbangkan pada tips yang kedua ini adalah ruang lingkup penggunaan NASnya. Apakah untuk beberapa bagian/divisi saja ataukah untuk satu kantor atau untuk kantor pusan dan beberapa cabangnya.

 

Sesuai Kantong

  1. Sesuai Kantong

Meskipun dihadapkan dengan pilihan hard disk yang paling bagus dan terbaik untuk NAS yang kalian miliki, kalian harus tetap memperhatikan “isi kantong” atau dana yang kalian miliki. Hal ini sangat penting, kalian harus bisa mencari hard disk yang sesuai kebutuhan untuk NAS kalian dan juga harus ramah terhadap kantong yang kalian miliki. Kalian dapat menyesuaikan hardisk yang kalian butuhkan dengan dana yang kalian miliki.

 

Kurang lebih seperti itulah beberapa tips yang dapat kalian ikuti ketika kalian ingin mencari hard disk untuk menambah kapasitas storage pada NAS yang kalian miliki. Dengan mengikuti tips diatas, kalian tidak hanya akan mendapatkan hardisk yang sesuai dan kalian butuhkan, tapi juga dapat menekan biaya pengeluaran yang tidak diperlukan. Demikianlah artikel tentang Tips Memilih Hard Disk Terbaik Untuk NAS, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Tags :

#hardisk #eksternal #storage #NAS #QNAP #Server #Mini

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0