Tips Memilih Hardisk Eksternal PC dan Laptop

Dibuat pada 08 Jan 2021

Tips Memilih Hardisk Eksternal PC dan Laptop

Biasanya ketika hardisk atau SSD PC/Laptop yang kita miliki penuh, kita akan langsung mencari Hardisk atau SSD Eksternal baru dibanding dengan ...


Hardisk Eksternal - Biasanya ketika hardisk atau SSD PC/Laptop yang kita miliki penuh, kita akan langsung mencari Hardisk atau SSD Eksternal baru dibanding dengan menghapus data yang sudah tidak dibutuhkan.

Saat ini sudah ada banyak sekali brand-brand yang menyediakan hardisk eksternal dengan berbagai kapasitas atau ukuran yang dapat digunakan untuk PC maupun Laptop. Mulai dari hard disk dengan kapasitas 500GB hingga hardisk dengan kapasitas 1TB, yang dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan yang kita butuhkan.

 

Tips Memilih Hardisk Eksternal Terbaik Untuk PC dan Laptop

Namun, sebelum kalian membeli hardisk atau SSD baru. Ada baiknya kalian menyimak tips berikut ini, agar performa dari storage tersebut sesuai dengan apa yang kalian butuhkan.

 

Memilih Kapasitas Storage Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Memilih Kapasitas Storage Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Hal pertama yang akan menjadi pertimbangan kalian dalam memilih atau membeli sebuah storage adalah, ukuran dari kapasitas storage tersebut. Hardisk atau SSD eksternal dipasaran umumnya memiliki ukuran ruang penyimpanan sebesar 500GB hingga 2TB. Harga jualnyapun menyesuaikan dengan ukuran dari kapasitas storage tersebut. Rata-rata harga jual dari hard disk dengan kapasitas storage 500 GB berkisar diantara harga Rp600 ribu rupiah hingga Rp700 ribu rupiah.

Sedangkan untuk hard disk dengan kapasitas storage 1 TB, dijual dikisaran angka Rp830 ribu rupiah sampai Rp1 juta rupiah. Tidak jarang juga kita menemui hardisk 1TB yang dijual dengan harga dibawah dari harga kisaran diatas.

Bagi kalian yang masih pelajar dan membutuhkan storage untuk menyimpan file-file tugas ataupun backup file, maka hard disk dengan kapasitas storage sebesar 500GB atau 1TB sudah lebih dari cukup. Sementara bagi kalian yang hobi bermain game ataupun fotografi dan video editing, maka kalian membutuhkan hardisk atau SSD yang memiliki kapasitas storage yang besar.

 

Kecepatan Read and Write Hardisk

Kecepatan Read and Write Hardisk

Tidak semua orang memperhatikan hal ini ketika membeli hard disk eksternal. Setiap Hard disk yang ada pada saat ini memiliki yang namanya RPM atau Rotate Per Minutes. RPM ini digunakan untuk mengetahui seberapa cepat hardisk dalam melakukan pemrosesan data, mulai dari melakukan read dan juga wirte. Semakin cepat RPM sebuah hardisk, maka akan semakin cepat pula hardisk tersebut melakukan pemrosesan data.

Rata-rata hard disk yang dijual dipasaran pada saat ini, memiliki kecepatan dikisaran angka 5400 RPM. Hardisk 5400 RPM tersebut sangat cocok untuk aktifitas sehari-hari yang bersifat tidak terlalu berat. Akan tetapi, jika kalian seorang gamer, desainer grafis, ataupun editor video/gambar, ada baiknya jika kalian memilih hard disk dengan kecepatan antara 7200 RPM hingga 10.000 RPM, untuk mendapatkan performa terbaik dan juga kelancaran dalam melakukan aktifitas berat yang lainnya.

 

Perhatikan Memory Cache

Perhatikan Memory Cache

Terdapat pertimbangan lain yang harus kalian perhatikan sebelum membeli hard disk eksternal, yaitu memperhatikan memory cache hardisk. Memory cache adalah memori sementara yang digunakan untuk menyimpan data/perintah sementara yang akan datang dilain waktu. Memory cache ini berguna untuk mempercepat komputer/laptop dalam menjalankan suatu perintah, dikarenakan perintah tersebut sudah tersimpan didalam cache memory.

Semakin besar memory cache yang dimiliki oleh suatu hardisk, maka akan semakin baik performa dari hardisk tersebut. Apalagi jika kalian menggunakan hard disk tersebut secara terus menerus untuk kebutuhan server.

 

Kecepatan Transfer Data

Kecepatan Transfer Data

Kecepatan hardisk dalam melakukan transfer data juga sangat penting untuk diperhatikan. Rata-rata hard disk eksternal yang dijual dipasaran saat ini memiliki kecepatan mulai dari 100-200 MB/s. Semakin tinggi kecepatan transfer data, maka akan semakin cepat juga kalian dalam melakukan proses copy & paste file berukuran besar. 

Selain itu, kecepatan transfer data suatu hardisk juga sangat bergantung dari jenis USB yang digunakan. Jenis USB 3.0 atau USB 3.1 akan lebih cepat dalam melakukan proses transfer data dibandingkan dengan USB jenis 2.0.

 

Garansi

Garansi

Setiap brand yang menjual hardisk saat ini menawarkan garansi untuk produk yang mereka jual. Contohnya saja, hardisk Seagate yang memberikan garansi resmi dari distributor lokal selama 3 tahun.

Garansi ini sangat penting dan berguna untuk digunakan dalam keadaan-keadaan tertentu. Misalnya saja, terdapat cacat pada hardisk yang dibeli, hardisk tidak bisa digunakan, dan lain sebagainya. Kalian dapat langsung mengajukan claim garansi untuk mendapatkan hardisk baru ataupun perbaikan pada hardisk tersebut.

 

Kurang lebih seperti itulah beberapa tips dalam memilih hardisk eksternal untuk PC/Laptop kalian. Semoga dengan adanya tips ini dapat membantu kalian untuk memilih dan menemukan hardisk atau SSD terbaik untuk kebutuhan kalian.

 

Tags :

#hardisk #eksternal #ssd #pc #laptop

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0