Toko Storage - Tips Memilih SSD Terbaik Untuk PC/Laptop

Dibuat pada 11 May 2021

Toko Storage - Tips Memilih SSD Terbaik Untuk PC/Laptop

Jika kamu merasa tidak yakin dengan SSD yang ingin kamu beli, maka kamu dapat mengikuti tips berikut ini untuk memilih SSD yang terbaik untuk PC/Laptop ...


SSD Terbaik - Kebanyakan orang lebih suka membeli Hardisk eksternal atau internal sebagai media penyimpanan untuk perangkat PC/Laptopnya karena alasan lebih murah. Akan tetapi Hardisk bukanlah satu-satunya media penyimpanan data untuk PC/Laptop. Saat ini, SSD dapat dikatakan sebagai “pesaing” terdekat untuk Hardisk, dikarenakan harga SSD sudah lebih turun dibandingkan dengan harga sewaktu SSD keluar.

SSD diklaim memiliki performa dan kecepatan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan Hardisk. Meskipun begitu, kamu juga tetap harus memperhatikan kelebihan dan kekurangan dari SSD yang ingin kamu beli, sebelum benar-benar membelinya. Jika kamu merasa tidak yakin dengan SSD yang ingin kamu beli, maka kamu dapat mengikuti tips berikut ini untuk memilih SSD yang terbaik untuk PC/Laptop kamu.

 

Tips Memilih SSD Terbaik Ala Toko Storage

Mempertimbangkan Kecepatan SSD

Toko Storage - Tips Memilih SSD Terbaik : Mempertimbangkan Kecepatan SSD

Tips pertama dalam memilih sebuah SSD adalah dengan mempertimbangkan kecapatan SSD yang kita butuhkan. Kecepatan standar SSD dalam melakukan proses read data pada umunya itu sekitar 400MB/s. Sedangkan untuk kecepatan write data biasanya itu sekitar 300MB/s.

Bagi kalian yang hanya menggunakan PC/Laptop untuk pekerjaan yang ringan-ringan saja, maka kecepatan diatas sudah lebih dari cukup. Beda cerita jika kamu penggemar game ataupun perlu SSD untuk keperluan creative seperti editing video/foto, design grafis, dan lain sebagainya. Maka kecepatan standar tersebut masih kurang, jadinya kamu perlu mencari SSD yang memiliki kecepatan diatas 500 MB/s untuk read dan write data-nya.

 

Baca Juga: Rekomendasi SSD Terbaik Tahun Ini 

 

Level Cell Yang Digunakan

Toko Storage - Tips Memilih SSD Terbaik : Level Cell Yang Digunakan

SSD memiliki 3 tipe cell yang banyak dijual dipasaran. Pertama ada multi-level Cell, kedua adalah single level cell, dan ketiga ada Triple-level cell. Perbedaan yang ada pada ketiga cell ini terletak pada penyimpanan datanya.

Untuk Single Level Cell (SLC), setiap cellnya hanya bisa menyimpan satu bit data saja. Multi-level Cell (MLC), untuk setiap cellnya hanya dapat menyimpan dua bit data. Sedangkan untuk Triple-level cell ini, setiap cellnya mampu menampung tiga bit data.

Dari segi harga, SSD SLC memiliki harga jual yang lebih mahal disusul dengan MLC dan terakhir TLC. Untuk pemakaian umum saja dan tidak melakukan pekerjaan berat, SSD dengan tipe cell TLC ini sudah lebih dari cukup. Sedangkan untuk kalian yang hobi bermain game dan aktifitas lain, maka kami rekomendasikan untuk mencari SSD dengan tipe cell MLC. Sedangkan untuk SSD tipe SLC ini biasanya digunakan untuk server perusahaan. Karena mereka mencari performa dan daya tahan.

 

Jenis Interface Yang Digunakan

Toko Storage - Tips Memilih SSD Terbaik : Jenis Interface Yang Digunakan

SSD yang dijual saat ini memiliki banyak sekali tipe Interface, mulai dari SATA, mSATA, M.2 SATA, M.2 NVMe, dan PCIe.

Setiap interface tersebut tentunya sangat mempengaruhi kinerja dan kecepatan transfer data dari SSD. Jika hanya untuk sekedar bermain game ringan dan pekerjaan tidak terlalu berat, SSD dengan interface SATA masih cukup ok untuk kalian gunakan. Akan tetapi jika untuk pekerjaan kelas berat seperti Editing video, 3D modelling, gameing, dan lain sebagainya. Maka SSD dengan interface NVMe ini lah jawabannya.

Untuk harganya, SSD NVMe masih memiliki harga jual yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan SSD interface lain. Tapi, soal performa SSD NVMe ini masih sangat unggul loh.

 

Baca Juga: 5 Rekomendasi SSD Terbaik Untuk MacBook Pro Kamu

 

Terdapat ECC Memory

Toko Storage - Tips Memilih SSD Terbaik : Terdapat ECC Memory

SSD yang bagus biasanya memiliki teknologi ECC Memory di dalamnya. SSD yang memiliki teknologi ECC ini akan secara otomatis melakukan pengecekan terhadap data yang kalian simpan, hal tersebut untuk memastikan tidak ada data yang korup sehingga kapasitas penyimpanan SSD kamu tidak akan terisi atau termakan oleh data yang tidak perlu.

Teknologi ECC memory ini juga dapat membuat umur SSD menjadi lebih lama. Oleh karena itu, kami sarankan kepada kalian yang ining membeli SSD. Ada baiknya jika kalian membeli SSD yang sudah support teknologi ECC Memory ini. Biar apa? Biar lebih panjang umur dong SSD-nya.

 

Support Fitur TRIM

Toko Storage - Tips Memilih SSD Terbaik : Support Fitur TRIM

TRIM ini sangat penting dan harus ada untuk SSD jaman sekarang. TRIM ini akan memerintahkan sistem operasi untuk menghapus data secara bersih tanpa tersisa, jadinya jika ada data baru yang ingin ditulis. Maka data baru tersebut akan menimpah data lama yang sudah dihapus bersih tanpa sisa. Dengan begitu, SSD kalian tidak akan ada lagi sampah atau garbage yang menumpuk, yang dapat mempengaruhi kinerja dan performa dari SSD kalian.

TRIM ini biasanya sudah mendukung hampir semua SSD yang ada dipasaran saat ini. Akan tetapi, ada baiknya jika kalian mengecek terlebih dahulu apakah SSD yang akan kamu beli sudah support dengan fitur TRIM ini atau belum.

 

Sesuaikan Ukuran SSD Dengan Perangkat Yang Kalian Gunakan

Toko Storage - Tips Memilih SSD Terbaik : Sesuaikan Ukuran SSD Dengan Perangkat Yang Digunakan

SSD memiliki berbagai macam ukuran. Ada yang memiliki ukuran 2.5 inc, 22*30, 22*42, 22*60, 22*80, 22*110. Setiap ukuran tentunya disesuikan dengan kompatibilitas perangkat yang kalian gunakan. Ada PC/Laptop yang hanya dapat mendukung SSD tipe SATA 2.5inc saja, ada yang mendukung tipe SSD NVMe 2280, dan lain sebagainya.

 

Kapasitas Storage SSD

Toko Storage - Tips Memilih SSD Terbaik : Kapasitas Storage SSD

Salah satu kekurangan SSD dari hardisk ini terletak pada kapasitas storagenya. Oleh sebab itu, bijaklah dalam memilih kapasitas storage SSD. Mengapa begitu? Karena semakin besar kapasitas storage yang ingin kalian gunakan, maka harga SSDnya akan semakin mahal.

Kapasitas SSD terbesar yang sudah pernah kami gunakan itu sebesar 2 TB. Akan tetapi harganya relatif lebih mahal. Jika boleh kami sarankan, ada baiknya jika kalian mengkombinasikan antara SSD dengan HDD saja. SSD sebagai tempat untuk menginstall aplikasi dan OS, sedangkan HDD dapat kalian gunakan sebagai tempat penyimpanan file, video, gambar, lagu, dan lain sebagainya.

 

Itulah Tips Memilih SSD Untuk PC/Laptop agar mendapatkan kualitas terbaik. Jika sedang mencari SSD original, bergaransi resmi, dan harga yang cukup bersaing. Kalian dapat mengujungi Official Store Toko Storage di TokopediaBukalapakShopee, dan Blibli, melalui link berikut ini.

Tags :

#storage #ssd

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0